Variasi kemampuan siswa dalam belajar menuntut guru untuk memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan potensi siswa, guna mempersiapkan mereka bersaing di dunia industri dan usaha. Salah satu metode yang terbukti efektif adalah Project Based Learning (PBL), yang telah banyak diuji coba dan menunjukkan hasil positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan PBL dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Programmable Logic Controller (PLC) di SMK Negeri 1 Batam, khususnya pada jurusan Teknik Otomasi Industri. SMK sebagai lembaga pendidikan vokasi memiliki peran penting dalam menyiapkan tenaga kerja yang siap memasuki dunia industri. Meskipun demikian, hasil belajar siswa dalam pembelajaran PLC sebelum penerapan PBL masih tergolong rendah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas atau Action Research dengan dua siklus, yang dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022 di kelas XI Otomasi Schneider SMK Negeri 1 Batam. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan peningkatan signifikan pada jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75%. Pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 72%, dan pada siklus II, meningkat lagi menjadi 92%. Hal ini menunjukkan bahwa PBL dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman mendalam siswa, serta meningkatkan motivasi dan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Diharapkan, hasil penelitian ini dapat menjadi alternatif bagi guru untuk mengoptimalkan pembelajaran di SMK, khususnya dalam bidang otomasi industri.
Copyrights © 2025