Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat
Volume 2 Issue No. 2: January 2025

Pelatihan Penggunaan Aplikasi Padlet Dalam PelaksanaanPembelajaran Digital di SD Islam Athirah racing Center Makassar

Wirawan, Zose (Unknown)
Masni, Masni (Unknown)
Asriadi, Muhammad (Unknown)
Adi, Muhammad Asriadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Pelatihan penggunaan aplikasi Padlet dalam pembelajaran digital di SD Islam Al-Azhar bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi digital berbasis kolaborasi. Kegiatan ini dilaksanakan melalui tiga tahapan utama, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan, kebutuhan peserta diidentifikasi melalui survei, dan modul pelatihan disusun untuk memberikan panduan yang praktis. Pelaksanaan pelatihan melibatkan metode partisipatif dengan simulasi langsung penggunaan Padlet dalam konteks pembelajaran. Guru diajarkan cara membuat dinding Padlet, berbagi konten, serta memfasilitasi interaksi siswa secara digital. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur efektivitas pelatihan. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada skor rata-rata dari 45 pada pre-test menjadi 85 pada post-test. Guru juga melaporkan peningkatan kepercayaan diri dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. Kendala yang dihadapi selama pelatihan, seperti konektivitas internet, dapat diatasi melalui koordinasi dan dukungan teknis. Pelatihan ini memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran digital dan mempersiapkan guru menghadapi tantangan era teknologi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

KREATIVA

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

This journal publishes research articles on various innovation education that are interesting and have an impact on the development of education. The journal publishes articles on interdisciplinary content and cross-field dimensions related to education from various cultural perspectives. The ...