Kepuasan pasien merupakan ukuran sejauh mana pasien merasa puas dengan layanan kesehatan yang diterimanya dari penyedia layanan kesehatan. Kepuasan pasien merupakan salah satu faktor terpenting yang menentukan keberhasilan suatu fasilitas layanan kesehatan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dampak kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di bidang pelayanan kesehatan. Desain penelitian yang digunakan adala kuantitatif deskriptif. Populasi target adalah pasien rawat jalan, dengan menggunakan incidental sampling, didapati 388 pasien (77%) yang menjadi sampel penelitian. Skala reliabilitas dihitung dengan menggunakan CronbachsAlpha. Hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan analisis regresi untuk mengeksplorasi kepuasan pasien terhadap layanan perawatan kesehatan. Hasil utama analisis regresi memvalidasi bahwa kualitas pelayanan memiliki efek signifikan terhadap kepuasan pasien. Pendapat secara keseluruhan tentang tingkat kepuasan pasien terhadap ketersediaan pelayanan kesehatan di rumah sakit adalah kurang baik. Berdasarkan hasil penelitian, hipotesis yang diajukan terbukti signifikan secara statistik. Selain itu, penelitian lebih lanjut harus dipertimbangkan untuk mengumpulkan lebih banyak informasi yang tidak dapat diakses karena keterbatasan penelitian ini.
Copyrights © 2025