Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 17 No 1 (2025): Januari 2025

Efektivitas Strategi Pembelajaran Direct Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa SD Muslim Suksa Thailand

Kamaliah, Kamaliah (Unknown)
Syamsuyurnita, Syamsuyurnita (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi pembelajaran Direct Reading Thinking Activity (DRTA) dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa di SD Muslim Suksa, Thailand. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan quasi-experimental design (desain eksperimen semu). Populasi penelitian ini berjumlah 28 siswa kelas V, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling. Instrumen penelitian berupa performance test, yang dilakukan sebelum (pre-test) dan setelah (post-test) perlakuan untuk mengukur keterampilan membaca siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan keterampilan membaca pemahaman siswa. Rata-rata skor siswa meningkat dari 28,8 pada pre-test menjadi 44 setelah menggunakan strategi DRTA. Analisis statistik menunjukkan nilai sig.2-tailed sebesar 0,000, lebih kecil dari 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi DRTA efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa di SD Muslim Suksa, Thailand.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

konstruktivisme

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran publishes the original papers of research articles or reviews discussing the issues of primary to higher education in the fields of: Language and language education Social and humanities education Science education Education issues and policy ...