PARADUTA : Jurnal Ekonomi dan Ilmu-Ilmu Sosial
Vol 3 No 1 (2025): Februari

Pemanfaatan WhatsApp Group "Pasar Online" Sebagai Media Jual Beli Masyarakat Modern: Pemanfaatan Whatsapp Group “Pasar Online” Sebagai Media Jual Beli Masyarakat Modern

Faai Faujan, Tubagus (Unknown)
Yuni Lestari, Ria (Unknown)
Ahyani (Unknown)
Sari, Mayang (Unknown)
Nuraini, Idzma (Unknown)
Nurafiyani, Desi (Unknown)
Zidni Hudaya, Ahmad (Unknown)
Firdaus, Mohamad (Unknown)
Supiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana WhatsApp Group ini digunakan sebagai media jual beli. WhatsApp Group ini terdiri dari 3 komplek yaitu Banten Indah Permai, Taman Banten Lestari, Taman Mutiara Indah dan berisi 215 anggota. Keuntungan menggunakan jual beli dengan membuat WhatsApp Group adalah sangat mudah baik dari segi penjual maupun pembeli. Selain itu, ketika berbelanja melalui WhatsApp Group tidak ada ongkos kirim sama sekali. Bagi penjual, keuntungan yang didapatkan adalah kemudahan promosi dan dapat berjualan di rumah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi pada salah satu anggota WhatsApp Group “pasar daring”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WhatsApp Group efektif sebagai wadah jual beli dengan tingkat kepuasan pengguna yang didukung oleh kemudahan akses, komunikasi real time, dan efisiensi biaya operasional. Implikasi penelitian ini memberikan kontribusi untuk mengetahui proses jual beli dengan menggunakan teknologi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Paraduta

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

PARADUTA : Jurnal Ekonomi dan Ilmu-Ilmu Sosial (ISSN 2964-6421) adalah jurnal yang diterbitkan tiga kali setahun (Februari, Juni dan Oktober) oleh Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Madako Tolitoli. Jurnal Paraduta dimaksudkan sebagai jurnal untuk menerbitkan artikel yang melaporkan ...