Educational Management
Vol 4 No 2 (2015): December 2015

MODEL SUPERVISI DALAM MEMBINA KETERAMPILAN MENULIS GURU UNTUK PUBIKASI ILMIAH

Sagendra, Berti (Unknown)
Fakhruddin, Fakhruddin (Unknown)
Thomas, Partono (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2016

Abstract

Minimnya publikasi ilmiah yang dilakukan guru memerlukan penanganan yang cukup serius dari pengawas. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsi dan menganalisis model pembinaan yang selama ini dilaksanakan, (2) Menghasilkan model pembinaan keterampilan menulis yang dapat meningkatkan publikasi ilmiah guru. (3) Mengetahui dan menganalisis karakteristik model pembinaan keterampilan menulis yang valid, efektif dan praktis untuk meningkatkan publikasi ilmiah guru. Desain penelitian menggunakan pendekatan R & D dengan mengadopsi model Borg, Gall & Gall. Validasi ahli dilakukan oleh 2 dosen dan 1 pengawass praktisi. Ujicoba terbatas dilakukan dengan melibatkan 1 pengawas dan 12 guru SMK. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembinaan kepada guru selama ini hanya dilakukan jika ada permintaan dari sekolah melalui workshop atau IHT, (2) telah berhasil dikembangkan sebuah model pembinaan keterampilan menulis melalui forum ilmiah guru yang sesuai dengan kebutuhan untuk meningkatkan publikasi ilmiah guru. (3) model dinyatakan valid dengan skor rata-rata penilaian validator 3.63 dari skor maksimum 4; efektif dengan tingkat keberhasilan 83,33%; dan praktis dengan respon peserta 39% Sangat Setuju, 58% Setuju, dan 3% Kurang Setuju. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembinaan keterampilan menulis melalui FIG efektif untuk meningkatkan hasil karya ilmiah guru yang siap dipublikasikan.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

eduman

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Educational Management is a peer-reviewed journal which publishes original contributions on education administration, management and leadership in the widest sense: on the management of schools of all types, and of further and higher education institutions; on administration and policy at all levels ...