Tugas pengawas sekolah adalah melakukan pembinaan kemampuan profesional guru melalui kegiatan supervisi akademik. Kegiatan supervisi akademik salah satunya ditempuh dengan melaksanakan supervisi kunjungan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model supervisi akademik dengan teknik kunjungan kelas berbasis guru senior bagi guru TIK di kota Semarang. Dari penelitian secara kualitatif dan kuantitaif dengan mengambil data dengan wawancara dan angket, diperoleh model faktual, di lanjutkan dengan medisain model, setelah divalidasi diperoleh model hipotetik yang kemudian dilakukan uji terbatas diperoleh hasil akhir yaitu model final supervisi kunjungan kelas dengan guru senior. Supervisi kunjungan kelas dengan guru senior diharapkan dapat memberikan solusi dalam praktik sehari-hari yang tidak dapat dilaksanakan sepenuhnya oleh kepala sekolah maupun pengawas.Model yang dikembangkan menitik beratkan pada supervisor yang memiliki latar belakang mata pelajaran TIK. Validasi model menggunakan teknik Delphi, yang dilakukan oleh ahli dibidangnya. Hasil final berupa panduan model supervisi kunjungan kelas dengan guru senior dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan kontroling. The task is a school superintendent shall develop teachers’ professional ability through academic supervision. One academic supervision activities pursued by implementing supervisory class visits. This study aims to develop a model of academic supervision by a technique based class visits senior teacher for ICT teachers in the city of Semarang. Of qualitative and quantitative research with retrieving data with interviews and questionnaires, the model obtained factual, medisain proceed with the model, once validated hypothetical model is obtained which is then conducted a limited test of the final result is obtained final model class supervised visits with senior teachers.Supervision of classroom visits by senior teachers are expected to provide solutions to everyday practice that can not be fully implemented by the principal or superintendent.Model developed focuses on supervisor who has a background of ICT subjects.Validation of the model using the Delphi technique, which is done by experts in their field. Final results of a model of supervision guide classroom visits by senior teacher with the stages of planning, implementation and kontroling
Copyrights © 2014