Educational Management
Vol 5 No 2 (2016): December 2016

IMPLEMENTASI BALANCED SCORECARD DALAM PENGUKURAN KINERJA MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH

Suyatno, Suyatno (Unknown)
Rusdarti, Rusdarti (Unknown)
Sudana, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menilai kinerja sekolah yang sudah menerapkan manajemen berbasis sekolah(MBS). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 5 Babat Lamongan.Sumber data diperoleh dari : Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan, Siswa, dan Orang Tua siswa, Dokumen EDS,Laporan Pertanggung Jawaban Keuangan Sekolah dan Dokumen Alumni Sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja SMK Muhammadiyah 5 Babat Lamongan, secara keseluruhan berada pada kategori baik. Kinerja perspektif keuangan memperoleh nilai kinerja baik, untuk analisis 3E, secara keselurah belum memenuhi hanya 2E yang memenuhi syarat, yaitu memperoleh predikat sangat ekonomis, dan efisien. Untuk efektifitasnya belum memenuhi syarat karena memperoleh predikat kurang efektif. Kinerja pelanggan eksternal memperoleh nilai dengan kategori sangat baik. Kepuasan pelanggan internal memperoleh nilai kategori cukup baik. Sedangkan Kinerja perspektif proses bisnis internal menunjukkan kinerja cukup baik. Dari hasil penelitian ini diharapkan SMK Muhammadiyah 5 Babat Lamongan (1) meningkatkan kinerja pada perspektif yang berada pada kategori cukup baik menjadi baik atau sangat baik, (2) rating nilai evaluasi diri sekolah (EDS) hendaknya ditingkatkan agar dapat memperoleh rating di atas 2 bahkan mungkin bisa sampai rating 3.(3) pimpinan sekolah hendaknya semakin akomodatif dan kreatif dalam menangani beberapa tenaga pendidik an kependidikan yang kurang puas terhadap situasi dan kondisi yang ada di SMK Muhammadiyah 5 Babat Lamongan, sehingga kinerja semakin lebih baik.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

eduman

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Educational Management is a peer-reviewed journal which publishes original contributions on education administration, management and leadership in the widest sense: on the management of schools of all types, and of further and higher education institutions; on administration and policy at all levels ...