Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat usability website repository UPT Perpustakaan UIN Datokarama Palu berdasarkan model Nielsen. Evaluasi dilakukan melalui lima aspek usability: learnability, efficiency, memorability, error prevention, dan satisfaction. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif, penelitian ini melibatkan 99 responden mahasiswa S1 yang dipilih melalui teknik accidental random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner berbasis Google Form dengan skala Likert, dan dianalisis menggunakan uji validitas Pearson Product Moment serta uji reliabilitas Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website repository memiliki tingkat usability yang sangat tinggi pada seluruh aspek yang dievaluasi. Aspek learnability menunjukkan kemudahan pemahaman bahasa dan konsistensi tampilan, efficiency memperlihatkan kemudahan akses fitur dan penggunaan sistem, memorability menunjukkan tata letak menu yang mudah diingat, error prevention menampilkan sistem pencegahan kesalahan yang efektif, dan satisfaction menunjukkan kepuasan pengguna terhadap tampilan dan panduan penggunaan. Temuan ini mengindikasikan bahwa website repository telah memenuhi standar usability yang baik dalam mendukung kebutuhan akses informasi akademik. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan fitur tambahan seperti personalisasi tampilan dan sistem navigasi adaptif untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam mengakses sumber daya digital perpustakaan.
Copyrights © 2024