Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan media berupa gambar denah tempat bersejarah Kota Semarang dalam pembelajaran teks cerita pendek di kelas XI 7 SMA Negeri 9 Semarang. Dengan latar belakang peserta didik yang cenderung lebih tertarik pada penggunaan gawai untuk kegiatan non-akademis, peneliti merancang media ini sebagai alternatif untuk meningkatkan fokus dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Melalui media ini, diharapkan siswa dapat lebih terlibat dan antusias dalam pembelajaran, serta dapat memperkuat keterampilan menulis cerita pendek berdasarkan pengalaman sehari-hari mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media denah ini berhasil meningkatkan partisipasi siswa, membantu mereka fokus pada materi, dan memungkinkan akses mandiri terhadap pembelajaran. Selain itu, media ini juga membantu guru dalam memantau kemajuan siswa secara lebih spesifik. Meskipun terdapat kendala terkait stabilitas jaringan internet, upaya untuk menyediakan akses wifi membantu mengatasi masalah tersebut. Dengan demikian, penerapan media denah dalam pembelajaran cerita pendek terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan mengurangi penggunaan gawai untuk kegiatan yang kurang produktif.
Copyrights © 2025