Central Publisher
Vol 1 No 11 (2023): Jurnal Central

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKLUSIF UNTUK MENINGKATKAN AKSES PENDIDIKAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Fauziah (Unknown)
Nur Hayati (Unknown)
Nur Azizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2025

Abstract

Latar Belakang : Pendidikan inklusif merupakan pendekatan yang memastikan semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus, mendapatkan akses yang setara dalam pembelajaran. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model pembelajaran inklusif dalam meningkatkan akses pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah reguler. Metode : Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen di beberapa sekolah inklusif. Hasil dan Pembahasan : Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inklusif memerlukan dukungan dari berbagai aspek, seperti kesiapan guru, kondisi kurikulum, fasilitas pendukung, serta peran orang tua dan masyarakat. Kendala utama yang ditemukan meliputi kurangnya pelatihan bagi tenaga pendidik, keterbatasan sumber daya, dan stigma sosial. Oleh karena itu, diperlukan strategi penguatan kapasitas guru, peningkatan fasilitas pendidikan, serta kolaborasi antara sekolah, pemerintah, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih ramah dan aksesibel bagi semua siswa. Kesimpulan : Dengan implementasi yang tepat, pendidikan inklusif dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi akademik anak berkebutuhan khusus, serta mendorong terciptanya sistem pendidikan yang lebih adil dan berkelana.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publish

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Automotive Engineering Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Education Engineering Social Sciences Other

Description

Central Publisher, merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Cv. Central Bisnis Manajemen, merupakan sebuah jurnal ilmiah yang menyediakan akses terbuka kepada pembaca. Jurnal ini terbit secara bulanan, mencakup berbagai disiplin ilmu, mempromosikan dialog interdisipliner dan memperkaya pengetahuan ...