Latar Belakang : Pendidikan inklusif merupakan pendekatan yang memastikan semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus, mendapatkan akses yang setara dalam pembelajaran. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model pembelajaran inklusif dalam meningkatkan akses pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah reguler. Metode : Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen di beberapa sekolah inklusif. Hasil dan Pembahasan : Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inklusif memerlukan dukungan dari berbagai aspek, seperti kesiapan guru, kondisi kurikulum, fasilitas pendukung, serta peran orang tua dan masyarakat. Kendala utama yang ditemukan meliputi kurangnya pelatihan bagi tenaga pendidik, keterbatasan sumber daya, dan stigma sosial. Oleh karena itu, diperlukan strategi penguatan kapasitas guru, peningkatan fasilitas pendidikan, serta kolaborasi antara sekolah, pemerintah, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih ramah dan aksesibel bagi semua siswa. Kesimpulan : Dengan implementasi yang tepat, pendidikan inklusif dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi akademik anak berkebutuhan khusus, serta mendorong terciptanya sistem pendidikan yang lebih adil dan berkelana.
Copyrights © 2023