Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan interpersonal siswa, hasil belajar siswa, serta hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 17 Koto Hilalang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan permasalahan saat observasi, yaitu masih rendahnya hasil belajar siswa. Rendahnya hasil belajar tersebut diasumsikan dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya kecerdasan interpersonal, faktor internal, dan faktor eksternal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV, V, dan VI di SD Negeri 17 Koto Hilalang yang berjumlah 45 siswa, dengan sampel sebanyak 45 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengukuran hasil belajar dilakukan melalui metode dokumentasi, berupa nilai Ulangan Harian (UH) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Instrumen angket disusun berdasarkan skala Likert, sementara analisis hubungan antara kecerdasan interpersonal dan hasil belajar menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 26 siswa (57,8%) memiliki kecerdasan interpersonal tinggi, 15 siswa (33,3%) tergolong sedang, dan 4 siswa (8,9%) tergolong rendah. Sementara itu, dalam aspek hasil belajar, 9 siswa (20%) memiliki hasil belajar tinggi, 23 siswa (51,1%) tergolong sedang, dan 13 siswa (28,9%) tergolong rendah. Analisis korelasi menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara variabel kecerdasan interpersonal (X) dengan hasil belajar (Y), dengan koefisien korelasi sebesar 0,940. Kontribusi variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 88,36%, sedangkan sisanya 11,64% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil analisis regresi linear sederhana menghasilkan persamaan regresi Y = -49,043 + 1,854X, dengan nilai konstanta sebesar -49,043 dan koefisien regresi sebesar 1,854.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024