Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII MTsN 3 Kota Padang sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran project based learning dan menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII MTsN 3 Kota Padang. Teori yang digunakan adalah keterampilan menulis teks laporan hasil observasi, model project based learning dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi, dan pengaruh model project based learning terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasi eskperimen. Desain penelitian dengan one group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan adalah kelas siswa kelas VIII MTsN 3 Kota Padang. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling yang berjumlah 26 siswa. Data dalam penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan tiga hal. Pertama, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII MTsN 3 Kota Padang sebelum menggunakan model project based learning berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata rata 78,33. Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas kelas VIII MTsN 3 Kota Padang sesudah menggunakan model project based learning berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 85,77. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t hasil diperoleh thitung dibandingkan dengan ttabel pada derajat kebebasan dk = n-1 pada taraf signifikan 95% Thitung>Ttabel (1,91>1,71) dengan demikian, hipotesis berbunyi terdapatnya pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII MTsN 3 Kota Padang.
Copyrights © 2024