Edu Research : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 5 No 4 (2024): EDU RESEARCH

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

Permata Islamiyah (Unknown)
Atmazaki (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Gunung Talang. Model Problem Based Learning dipilih karena dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa, sedangkan Wordwall sebagai media interaktif mendukung pembelajaran yang lebih menarik dan dinamis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental design), yang melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan uji-t dan uji N-Gain untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model Problem Based Learning berbantuan Wordwall. Kelas eksperimen yang menggunakan model ini memperoleh peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hal ini membuktikan bahwa penerapan Problem Based Learning berbantuan media Wordwall memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

EDU RESEARCH : Jurnal Penelitian Pendidikan merupakan jurnal yang diterbitkan oleh IICLS (Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies), dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu pengetahuan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan ...