Jurnal Riset Kebidanan Indonesia
Vol 8, No 2 (2024): Desember

Pengaruh kualitas pelayanan bidan terhadap kepuasan ibu saat persalinan di Puskesmas Kandangan Kabupaten Temanggung Jawa Tengah

Luthfiyyah, Laily (Unknown)
Putri, Intan Mutiara (Unknown)
Sholihah, Andri Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Latar belakang: Mutu pelayanan kesehatan belum memenuhi harapan masyarakat sehingga fasilitas layanan kesehatan milik pemerintah kurang dimanfaatkan dengan baik. Kepuasan pasien menjadi komponen penting karena merupakan tujuan dari peningkatan mutu layanan kesehatan. Bidan merupakan salah satu tenaga kesehatan professional yang memberikan pelayanan berkualitas sehingga dapat meningkatkan kepuasan bagi pasien yang menerima pelayanan. Tujuan Penelitian: Mengatahui pengaruh kualitas pelayanan bidan terhadap kepuasan ibu saat persalinan di Puskesmas Kandangan Temanggung. Metode: Survei analitik dengan pendekatan cross sectional digunakan dalam penelitian ini. Populasi sebesar 72 ibu bersalin dari bulan Januari sampai Maret 2023. Teknik sampling menggunakan simple random sampling. Analisis data memakai rumus Fisher's Exact Test. Hasil: Kualitas pelayanan bidan berpengaruh terhadap kepuasan ibu saat bersalin di Puskesmas Kandangan Temanggung Jawa Tengah dengan hasil uji rumus Fisher’s Exact Test p-value (0,05). Simpulan: Kualitas pelayanan bidan berpengaruh terhadap kepuasan ibu saat bersalin di Puskesmas Kandangan Temanggung Jawa Tengah dengan hasil analisis rumus Fisher’s Exact Test p-value (0,05) 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrki

Publisher

Subject

Education Health Professions Nursing Public Health Other

Description

Jurnal Riset Kebidanan Indonesia (JRKI) mempublikasikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang memuat data primer ataupun sekunder, literature review dan sistematik review, penelitian kuantitatif, kualitatif maupun mixed methods. Ruang lingkup JRKI adalah penelitian kebidanan yang bisa membahas ...