Latar belakang: Mutu pelayanan kesehatan belum memenuhi harapan masyarakat sehingga fasilitas layanan kesehatan milik pemerintah kurang dimanfaatkan dengan baik. Kepuasan pasien menjadi komponen penting karena merupakan tujuan dari peningkatan mutu layanan kesehatan. Bidan merupakan salah satu tenaga kesehatan professional yang memberikan pelayanan berkualitas sehingga dapat meningkatkan kepuasan bagi pasien yang menerima pelayanan. Tujuan Penelitian: Mengatahui pengaruh kualitas pelayanan bidan terhadap kepuasan ibu saat persalinan di Puskesmas Kandangan Temanggung. Metode: Survei analitik dengan pendekatan cross sectional digunakan dalam penelitian ini. Populasi sebesar 72 ibu bersalin dari bulan Januari sampai Maret 2023. Teknik sampling menggunakan simple random sampling. Analisis data memakai rumus Fisher's Exact Test. Hasil: Kualitas pelayanan bidan berpengaruh terhadap kepuasan ibu saat bersalin di Puskesmas Kandangan Temanggung Jawa Tengah dengan hasil uji rumus Fisher’s Exact Test p-value (0,05). Simpulan: Kualitas pelayanan bidan berpengaruh terhadap kepuasan ibu saat bersalin di Puskesmas Kandangan Temanggung Jawa Tengah dengan hasil analisis rumus Fisher’s Exact Test p-value (0,05)
Copyrights © 2024