Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research
Vol 9 No 1 (2025): JISAMAR (December-February 2025)

Analisis Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Toko Sukaroti

Saitakela, Mardhalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2025

Abstract

Customer Relationship Management (CRM) merupakan faktor kunci dalam keberhasilan strategi pemasaran dan pertumbuhan bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Customer Relationship Management (CRM) yang meliputi proses, teknologi, sumber daya manusia, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan pada Toko Sukaroti. Analisis data dilakukan dengan Partial Least Square (PLS) yang dijalankan dengan software SmartPLS versi 3.0. Hasil analisis menunjukkan kejelasan akan wawasan yang diberikan bagi Toko Sukaroti dalam meningkatkan implementasi CRM untuk memaksimalkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jisamar

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

JISIMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), terbit empat kali setahun pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November, memuat naskah hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Sistem Informasi Manajemen, Sistem ...