JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Validasi E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Energi Terbarukan Untuk Siswa Fase E

Hanazahra, Alifa (Unknown)
Hufri, Hufri (Unknown)
Hidayati, Hidayati (Unknown)
Hidayat, Rahmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bersumber dari permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran fisika di SMA, yaitu ketergantungan pembelajaran pada bahan ajar cetak dan LKS yang kurang relevan dengan keseharian siswa, khususnya pada materi ajar energi terbarukan. Penelitian ini bermaksud untuk menghasilkan E-Modul yang valid berbasis model pembelajaran kontekstual pada materi ajar energi terbarukan bagi siswa fase E. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan mengikuti langkah-langkah model pengembangan ADDIE. Instrumen validitas digunakan untuk menguji validitas produk, yang dilakukan oleh tiga orang dosen fisika Universitas Negeri Padang (UNP) sebagai tenaga ahli. Hasil validitas E-Modul diperoleh melalui analisis angket validasi, yang menghasilkan rata-rata nilai sebesar 88%, termasuk pada kategori sangat valid. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa E-Modul berbasis model pembelajaran kontekstual untuk siswa fase E yang dikembangkan sudah layak digunakan dan memenuhi syarat kevalidan E-Modul.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...