Penelitian ini bersumber dari permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran fisika di SMA, yaitu ketergantungan pembelajaran pada bahan ajar cetak dan LKS yang kurang relevan dengan keseharian siswa, khususnya pada materi ajar energi terbarukan. Penelitian ini bermaksud untuk menghasilkan E-Modul yang valid berbasis model pembelajaran kontekstual pada materi ajar energi terbarukan bagi siswa fase E. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan mengikuti langkah-langkah model pengembangan ADDIE. Instrumen validitas digunakan untuk menguji validitas produk, yang dilakukan oleh tiga orang dosen fisika Universitas Negeri Padang (UNP) sebagai tenaga ahli. Hasil validitas E-Modul diperoleh melalui analisis angket validasi, yang menghasilkan rata-rata nilai sebesar 88%, termasuk pada kategori sangat valid. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa E-Modul berbasis model pembelajaran kontekstual untuk siswa fase E yang dikembangkan sudah layak digunakan dan memenuhi syarat kevalidan E-Modul.
Copyrights © 2025