JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipas Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Puzzle Di Kelas VI SD Negeri 18 Air Tawar Selatan Kota Padang

Febryani Sihombing, Risda (Unknown)
Hamimah, Hamimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS di kelas VI SDN 18 Air Tawar Selatan Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dilaksanakan 2 siklus dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian yang diperoleh berkaitan dengan modul ajar, aktivitas guru dan peserta didik serta hasil belajar peserta didik dengan teknik pengumpulan data lembar tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penilaian modul ajar siklus I diperoleh rata-rata 83,33 % (B), selanjutnya meningkat pada siklus II 95,83% (SB), pada penilaian aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata 83,97% meningkat pada siklus II 92,85% (SB), dan hasil aktivitas peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 80,35 % (B) meningkat pada siklus II 92,85% (SB), serta hasil penilaian pengetahuan dan keterampilan peserta didik pada siklus I 85,98% (B) meningkat pada siklus II 91,64 (A). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS di kelas VI SDN 18 ATS Kota Padang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...