Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS di kelas VI SDN 18 Air Tawar Selatan Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dilaksanakan 2 siklus dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian yang diperoleh berkaitan dengan modul ajar, aktivitas guru dan peserta didik serta hasil belajar peserta didik dengan teknik pengumpulan data lembar tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penilaian modul ajar siklus I diperoleh rata-rata 83,33 % (B), selanjutnya meningkat pada siklus II 95,83% (SB), pada penilaian aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata 83,97% meningkat pada siklus II 92,85% (SB), dan hasil aktivitas peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 80,35 % (B) meningkat pada siklus II 92,85% (SB), serta hasil penilaian pengetahuan dan keterampilan peserta didik pada siklus I 85,98% (B) meningkat pada siklus II 91,64 (A). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS di kelas VI SDN 18 ATS Kota Padang.
Copyrights © 2025