Media pembelajaran merupakan alat penyampai materi yang berguna untuk membantu siswa dalam memahami dan mempelajari pembelajaran secara lebih efektif dan lebih menarik, serta bertujuan agar siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMK Negeri 1 Padang menunjukkan bahwa media yang digunakan di sekolah masih menggunakan media konvesional dalam proses pembelajaran, hal tersebut cenderung membuat siswa merasa bosan dan kurang efektif dalam proses pembelajaran, hal ini berakibat pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh media pembelajaran berbasis teknologi Quick Response Code tentang pengenalan komponen mesin bubut pada mata pelajaran pemesinan bubut di SMK Negeri 1 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental Design. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 51 siswa yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada penelitian ini menunjukkan nilai bahwa nilai rata-rata di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yakni sebesar 74,815 < 81,759. Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa nilai Thitung > Ttabel yaitu (3,573 > 2,007). Hasil pengujian ini memberikan interpretasi bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, atau dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran quick respon code terhadap hasil belajar bubut siswa kelas XI Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Padang.
Copyrights © 2025