JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Kelayakan Media Interaktif Pada Materi Keragaman Budaya Di Lingkungan Sekolah Dasar Berbasis Aplikasi Smart Application Creator (SAC)

Dwi Mayang Sari, Andini (Unknown)
Fitria, Yanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena minimnya pemanfaatan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi yang relevan dengan perkembangan zaman, serta kurangnya variasi dalam media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan menerapkan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Dengan validitas media pembelajaran rata-rata 90.83%, validitas materi spesifik 90%, validitas bahasa 88,75%, dan validitas media 93,75%, output akhir dinilai sangat valid. Dengan rata-rata 93,75% dan 96,17% untuk jawaban guru dan siswa, masing-masing, hasil kategori efektivitas menghasilkan rata-rata 92,93% untuk hasil efektivitas. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa penggunaan media interaktif berbasis Smart Application Creator pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah dasar untuk kelas IV telah terbukti menjadi media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...