Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyusun kalimat sederhana, untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyusun kalimat sederhana yang dipikirkan dengan Strategi Permainan Pelangi, untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyusun kalimat sederhana yang dipikirkan dengan Strategi Respon Kreatif, untuk menganalisis perbedaan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat sederhana yang dipikirkan dengan strategi Permainan Pelangi dan strategi Respon Kreatif, untuk mendeskripsikan pengaruh permainan pelangi dan strategi respon kreatif sebagai variabel bebas (X), dan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat sederhana sebagai variabel terikat (d Y). Populasi penelitian ini adalah siswa semester satu MTs Cerdas Murni Tembug tahun pelajaran 2008/2009. Mereka terdiri dari dua kelas, yaitu kelas pertama VII-1 (Kelas Eksperimen) dan kelas kedua VII-2 (Kelas Kontrol). Jumlah kelas VII-1 sebanyak 39 siswa dan kelas VII-2 sebanyak 39 siswa. Seluruh siswa yang berjumlah 78 orang diambil sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi t = 1,30 dan Tt=1,01. Dalam menganalisis data, saya menghitung rata-rata kedua kelompok sampel. Rata-rata kemampuan siswa dalam menyusun kalimat sederhana dengan menggunakan strategi Rainbow Game adalah 73,07. Rata-rata kemampuan siswa dalam menyusun kalimat sederhana dengan menggunakan strategi Creative Response adalah 61,37. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan rumus uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung lebih besar dibandingkan ttabel, dimana thitung = (4,30) > ttabel (1,99). Artinya penolakan hipotesis (Ho). Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya, kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan strategi Permainan Pelangi lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat sederhana.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025