JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Penerapan PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Las SMAW di SMK Negeri 1 Guguak

Perdana Putra, Dio (Unknown)
Prasetya, Febri (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan permasalahan yang ada pada penelitian yang telah dilakukan, yaitu kurangnya kreativitas dan hasil belajar peserta didik kelas XI Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 GUGUAK. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) termasuk kedalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini diakukan dengan menerapkan Project Based Learning pada kelas XI dengan jumlah siswa 35, dilakukan dengan dua siklus dimana setiap siklus dilakukan dengan 2x pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu berupa lembar tes soal, lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang dijadikan data kuantitatif yaitu observasi aktivitas siswa, lembar tes soal dan lembar obsevasi kreativitas untuk melihat apakah terdapat peningkatan setelah diterapkannya Project Based Learning (PjBL). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning terbukti mampu meningkatkan kreativitas da hasil belajar peserta didik, hal tersebut dibuktkan dengan hasil perolehan kreativitas peserta didik pada siklus I memperoleh 74,28% dengan kriteria cukup dan meningkat 91,42% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar pada siklus I memperoleh skor 40% dan meningkat pada siklus II dengan skor 88,57,%, dengan demikian pembelajaran model Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar kelas XI Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Guguak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...