JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Menggunakan E-Modul Berbasis STEM-PBL

Ariefah, Hana (Unknown)
Ramalisa, Yelli (Unknown)
Pasaribu, Feri Tiona (Unknown)
Gustiningsi, Tria (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa SMP setelah menggunakan e-modul berbasis STEM-PBL pada materi Kesebangunan. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas VII di MTs N 3 Batang Hari. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan e-modul. Tes berpikir kritis siswa akan diukur berdasarkan 5 indikator berpikir kritis, yaitu (1) siswa dapat merumuskan pokok permasalahan; (2) mengungkapkan dan mengelola fakta; (3) membuat argumen logis, relevan dan akurat; (4) mampu menarik kesimpulan dan; (5) Evaluasi, serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan dari 26 siswa kelas VII.1 MTs N 3 Batanghari setelah menggunakan e-modul berada pada kategori tinggi dengan 1 siswa kategori “rendah”, 9 siswa dengan kategori “sedang” dan 16 siswa dengan kategori tinggi. Dengan persentase pada indikator berpikir kritis; (1) siswa dapat merumuskan pokok permasalahan mendapatkan persentase sebesar 92,30% yang termasuk kategori tinggi; (2) mengungkapkan dan mengelola fakta mendapatkan persentase sebesar 87,50% yang termasuk dalam kategori tinggi; (3) membuat argumen logis mendapatkan persentase sebesar 83,65% yang termasuk dalam kategori tinggi,; (4) mampu membuat kesimpulan dan mendapatkan persentase sebesar 82,69% yang termasuk dalam kategori tinggi; (5) Mengevaluasi mendapatkan persentase sebesar 75,96% yang termasuk dalam kategori sedang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...