JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Addie Pada Mata Pelajaran Teknik Mesin Bubut Kelas XI Teknik Pemesinan

Zikri, Muhammad (Unknown)
Rifelino, Rifelino (Unknown)
Rahim, Bulkia (Unknown)
Arafat, Andril (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan pembelajaran. Dari sebelumnya menggunakan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menjadi Modul Pembelajaran Kurikulum Mandiri. Pendidik perlu menyiapkan perangkat pembelajaran agar tercapainya proses pembelajaran yang baik. SMK Negeri 1 Sumatera Barat membutuhkan perangkat pembelajaran berupa Modul Pembelajaran Kurikulum Mandiri. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran berupa Modul Pembelajaran Kurikulum Mandiri Mata Kuliah Teknik Pemesinan Bubut untuk Kelas XI SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Tahapan pengembangan model ADDIE yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi, yang dikenal dengan penelitian Study and Development (R&D). Alat penilaian yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar praktikalitas. Validasi Modul Pembelajaran memperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 4,5 dengan klasifikasi “Sangat Layak”. Kualitas praktikalitas Modul Pembelajaran memperoleh kriteria sangat praktis yang ditunjukkan dengan nilai keseluruhan sebesar 4,4 dengan klasifikasi “Sangat Praktis”. Dari informasi skor keseluruhan yang terkumpul, dapat disimpulkan bahwa produk Modul Ajar Teknik Pemesinan Bubut Sekolah Menengah Kejuruan Kelas XI layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...