JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Nuzulul Qur’an: Aktualisasi Metode Pendidikan Islam

Auni, Laila (Unknown)
Nasution, Nur Azizah (Unknown)
Hasibuan, Samiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2025

Abstract

Pendidikan adalah usaha dengan penuh kesadaran yang diselenggaran untuk menggali dan mengembangkan kemampuan manusia sehingga terjadi sebuah transformasi baik dalam hal pengetahuan, perilaku ataupun norma yang telah ditetapkan. Pendidikan Islam harus berlandaskan Alqur’an dan Sunnah yang memiliki pencapaian puncak menjadi hamba Allah yang bertaqwa dan berakhlak mulia. Kegiatan pendidikan dan pengajaran dapat tercapai dengan efektif apabila disokong oleh metode yang tepat. Penelitian ini merupakan kepustakaan (Library Research) yang datanya diperoleh dari sumber primer dan skunder. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Nuzulul Qur’an (proses turunnya Alqur’an) menjadi satu metode pendidikan dan pengajaran yang dapat dijadikan pedoman. Dimana Alqur’an yang diturunkan dengan metode langsung dan berangsur-angsur sesuai dengan peristiwa dan kondisi lapangan menjadikan pesan yang disampaikan tertancap di sanubari hingga melahirkan kebaikan jiwa, perilaku, kepribadian dan sempurna eksistensinya sebagai manusia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...