JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Optimalisasi Guru Agama dalam Pembiasaan Pelaksanaan Sholat Dhuha Kelas V di SDN 41 Kota Bengkulu

Wahyuni, Betti Dian (Unknown)
Rahayu, Septi (Unknown)
Uliza, Eli Fitri (Unknown)
Nurhidayah, Nurhidayah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2025

Abstract

Sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang biasanya di laksanakan di pagi hari, pelaksanaannya di mulai saat matahari mulai naik sesaat setelah terbitnya matahari ( jam 7) hingga batas masuk waktu zhuhur yaitu matahari berada di atas kepala. Setelah itu, penelitian ini menunjukan bahwa pembiasaan sholat dhuha yang dilakukan anak-anak sebelum pembelajaran dimulai berdampak baik karena siswa menjadi lebih berani untuk azan dan menjadi imam khususnya laki-laki. Fokus dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana bentuk pembiasaan sholat dhuha pada siswa kelas V di SDN 41 Kota Bengkulu? 2). Bagaimana cara mengajak siswa agar tetap konsisten melaksanakan sholat dhuha pada siswa kelas V di SDN 41 Kota Bengkulu? 3). Apa pengaruhnya terhadap akhlak siswa setelah pelaksanaan rutinitas sholat dhuha pada siswa kelas V di SDN 41 Kota Bengkulu? Tujuan penelitian ini yaitu, 1). Untuk mengetahui bentuk pembiasaan sholat dhuha pada pada siswa kelas V di SDN 41 Kota Bengkulu? 2). Untuk mengetahui cara mengajak siswa agar tetap konsisten melaksanakan sholat dhuha di pada siswa kelas V di SDN 41 Kota Bengkulu? 3). Untuk mengetahui pengaruhnya terhadap ahlak siswa setelah pelaksanaan rutinitas sholat dhuha pada siswa kelas V di SDN 41 Kota Bengkulu? Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode sumber data yang di peroleh dari tiga macam sumber data yakin, teknik penngumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...