JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Analisis Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK melalui Pelatihan Pengolahan Ubi Menjadi Olahan Aneka Makanan di Desa Saribu Raja Kec. Balige

Sipahutar, Lawrence Nathanael (Unknown)
Anifah, Anifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan ibu-ibu PKK melalui pelatihan pengolahan ubi menjadi aneka olahan makanan di Desa Sariburaja, Kec.Balige. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 4 orang, yakni kepala desa, ketua ibu PKK, dan 2 anggota ibu PKK. Adapun objek penelitian tertuju pada pengembangan keterampilan pemberdayaan perempuan melalui program kewirausahaan. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian kualitatif, data diperoleh dari berbagai sumber dengan teknik pengumpulan data yang beragam (triangulasi). Tahapan dalam menganalisis data penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pelatihan pengolahan ubi di Desa Saribu Raja berhasil meningkatkan kapasitas ekonomi dan sosial masyarakat pedesaan. Ibu-ibu PKK tidak hanya belajar teknik pengolahan ubi, tetapi juga mendapatkan pengetahuan tentang gizi, keamanan pangan, dan manajemen usaha kecil. Pelatihan ini berhasil meningkatkan kepercayaan diri para peserta, menumbuhkan semangat kewirausahaan, dan mengubah persepsi mereka terhadap potensi sumber daya lokal. Meskipun masih ada kendala seperti keterbatasan peralatan, modal, dan tantangan dalam pemasaran, program ini telah berhasil memunculkan unit usaha mikro dan diversifikasi pendapatan keluarga.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...