JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Las SMAW di SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Ismail, Havis (Unknown)
Irzal, Irzal (Unknown)
Jasman, Jasman (Unknown)
Arafat, Andril (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2025

Abstract

Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL). Penelitian dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ialah 14 orang siswa kelas XI Teknik Pengelasan. Hasil pengamatan siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa antar siklus. Pembelajaran siklus pertama menghasilkan rata-rata sebesar 74,28 dan meningkat menjadi 81,49 pada siklus kedua. Persentase ketuntasan klasikal siklus 1 sebesar 57%, adanya peningkatan pada siklus 2 menjadi 85%. Indikator keberhasilan penelitian yang ditetapkan yaitu kriteria ketuntasan minimal (KKM) 75 dengan ketuntasal klasiklal minimal 75%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran berbasis PjBL pada mata pelajaran Las SMAW dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...