JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Efektivitas Model Problem Based Learning , Discovery dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Dribbling Sepak Bola di SMP N 1 Hamparan Perak

Lestari, Dewi Ayu (Unknown)
Sihombing, Hardodi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2025

Abstract

Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Metode eksperimen adalah metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh treatment (perlakuan) tertentu (Sugiyono, 2016:241). Desain penelitian yang digunakan adalah by level 2 x 2 dengan terdapat tiga variabel penelitian, yaitu satu variabel terikat dan dua variabel bebas. Sampel penelitian adalah siswa SMP N 1 Hamparan Perak, Instrumen yang digunakan adalah rubrik hasil belajar dribble dan angket minat belajar siswa. Hasil penelitian : 1) Berdasarkan hasil analisis varian pada daftar lampiran, pada taraf α=0,05 maka diperoleh Fh > Ft yaitu 6,98 > 4,06. Sehingga dapat ditarik kesimpulan keseluruhan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dribble sepak bola pada siswa yang belajar dengan PBL dan discovery. 2) Kemudian dilanjutkan dengan uji tukey pada kelompok A1B1 dan A2B1 dimana Qh = 9,7 dan Qt = 2,95 dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dribble sepak bola dalam siswa dengan minat belajar tinggi yang belajar dengan menggunakan model PBL lebih baik daripada model discovery. 3) Kemudian dilanjutkan dengan uji tukey pada kelompok A2B2 dan A1B2 dimana Qh = 17,7 dan Qt = 2,95 dan berdasarkan hasil ini dapat ditarik kesimpulan bahwa discovery lebih baik dari pada PBL terhadap hasil belajar dribble sepak bola pada siswa yang memiliki minat belajar rendah. 4) Berdasarkan hasil analisis varian dalam penelitian ini, pada taraf α=0,05 maka diperoleh Fh > Ft yaitu 89,10 > 4,06. Sehingga dapat ditarik kesimpulan keseluruhan bahwa terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar dribble sepak bola.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...