Liberosis: Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling
Vol. 11 No. 1 (2025): Liberosis: Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling

DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA KRITIS MAHASISWA

Fauziah, Jihan (Unknown)
Suharni, Nani (Unknown)
Yunus, Syarifudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak media sosial terhadap keterampilan membaca kritis mahasiswa. Dengan semakin meningkatnya penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa, penting untuk memahami bagaimana platform ini mempengaruhi kemampuan mereka dalam menganalisis dan mengevaluasi informasi. Metode yang digunakan adalah deskriptif-kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui survei yang diakses oleh responden melalui Google Form. Data diperoleh melalui observasi yang melibatkan 22 mahasiswa sebagai responden, dengan kuesioner Google Form sebagai pelengkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 50% dari 22 mahasiswa yang disurvei mengakses media sosial lebih dari 6 jam per hari. Meskipun mahasiswa sering menggunakan media sosial, tujuan utama akses tersebut lebih kepada hiburan daripada pengembangan keterampilan membaca kritis, hal itu menunjukkan bahwa kurangnya keterampilan membaca pada mahasiswa. Penelitian ini juga mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari penggunaan media sosial, di mana media sosial dapat meningkatkan akses informasi dan keterampilan kritis, namun juga berpotensi mengurangi kemampuan analitis dan menciptakan ketergantungan pada sumber informasi yang tidak dapat diandalkan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik dan mahasiswa mengenai pentingnya penggunaan media sosial yang bijak dalam meningkatkan keterampilan membaca kritis. This study aims to analyze the impact of social media on the critical reading skills of students’. As the use of social media among students continues to rise, it is essential to understand how these platforms influence their ability to analyze and evaluate information. The results of descriptive-quantitative method, collecting data through a survey distributed to 22 students via Google Forms. The findings reveal that 50% of respondents access social media for more than 6 hours a day, primarily for entertainment purposes. Although social media provides access to a variety of information sources, the study finds that its usage does not always contribute positively to the development of critical reading skills. Identified positive impacts include enhanced access to information and the development of critical skills through online discussions, while negative impacts include a lack of analytical skills and dependence on unreliable information sources. These findings are expected to provide insights for educators and students regarding the importance of using social media wisely to enhance critical reading skills.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

liberosis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Veterinary Other

Description

Jurnal psikologi adalah publikasi ilmiah yang berfokus pada berbagai aspek dan penelitian dalam bidang psikologi. Jurnal ini merupakan saluran penting bagi para peneliti, ilmuwan, profesional, dan mahasiswa psikologi untuk membagikan temuan mereka, menyajikan data empiris, dan berkontribusi pada ...