Fenomena penerapan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Sunan Kalijogo Malang menjadi objek penelitian yang menarik, khususnya karena bimbingan kelompok sudah diterapkan di SMA Sunan Kalijogo Jabung. Menariknya, kedisiplinan siswa di tingkat sekolah menengah atas secara umum masih menunjukkan nilai yang kurang memuaskan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Sunan Kalijogo Jabung, Malang. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan keefektivitasan dalam peningkatan kedisiplinan siswa dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok. Kolaborasi antar siswa dalam kelompok menciptakan lingkungan yang mendukung untuk berbagi ide dan pengalaman, serta memperkuat komitmen mereka terhadap aturan dan norma sekolah. Metode yang digunakan, seperti diskusi kelompok kecil, permainan peran, studi kasus, dan bimbingan klasikal dari guru BK, terbukti mampu merangsang interaksi siswa dan membantu pemahaman mereka mengenai pentingnya disiplin. Kesimpulannya, layanan bimbingan kelompok berperan signifikan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dan merupakan pendekatan efektif untuk memperbaiki perilaku siswa serta membangun budaya disiplin di sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024