Berdasarkan observasi bahwa masih banyak guru dalam membuat soal-soal (HOTS) pada level 1-3, kemampuan siswa dalam menyelasaikan soal-soal (HOTS) masih banyak yang salah, keterkaitan tujuan, proses dan penilaian belum tergambar jelas. Peneitian bertujuan untuk mengkaji keberadaan komponen (HOTS) pada ujian akhir semester 1. Metodologi menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian ditemukan bahwa soal-soal (HOTS) di penilaian akhir semester 1 SD IT Anak Shaleh mengalami peningkatan pada L4-6, peningkatan juga terjadi pada siswa dalam menjawab soal-soal (HOTS) dengan 75%, dan tujuan, proses serta penilaian akhir semester 1 sudah saling terhubung dengan sangat baik. Implikasi penelitian bahwa peran guru dalam menerapkan langkah-langkah penilaian akhir semester 1 sudah sesuai dengan indikator berpikir kritis, sangat mempengaruhi dan memberikan kemudahan siswa dalam menjawab soal-soal (HOTS) yang diberikan oleh guru.
Copyrights © 2025