Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media puzzle terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain quas experimental dan menggunakan bentuk desain penelitian nonequivalent control group yang berarti sampel eksperimen dan sampel kontrol tidak dipilih secara random. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdapat 23 siswa kelas IV di SDN Pojoksari. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaknik observasi, dan tes. Uji coba instrumen test menggunakan uni validitas, dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan N-gain. Uji hipotesis menggunakan uji-t independent sample test. Berdasarkan hasil analisis data uji-t independent sample test pada post-test memperoleh hasil t hitung = 2,905> t tabel = 2,160 maka Ho ditolak (terdapat perbedaan) dan Ha diterima. Maka dapat disimpulakn bahwa terdapat pengaruh pada penerapan media puzzle pembelajaran terhadap hasil belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025