Jurnal Media Akademik (JMA)
Vol. 3 No. 1 (2025): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Januari

PENGARUH PENERAPAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI POJOKSARI 2

Achmad Aminuddin Syafroni (Unknown)
Bagus Rahmad Wijaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media puzzle terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain quas experimental dan menggunakan bentuk desain penelitian nonequivalent control group yang berarti sampel eksperimen dan sampel kontrol tidak dipilih secara random. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdapat 23 siswa kelas IV di SDN Pojoksari. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaknik observasi, dan tes. Uji coba instrumen test menggunakan uni validitas, dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan N-gain. Uji hipotesis menggunakan uji-t independent sample test. Berdasarkan hasil analisis data uji-t independent sample test pada post-test memperoleh hasil t hitung = 2,905> t tabel = 2,160 maka Ho ditolak (terdapat perbedaan) dan Ha diterima. Maka dapat disimpulakn bahwa terdapat pengaruh pada penerapan media puzzle pembelajaran terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi ...