Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 10 No 2 (2025): Edisi Mei 2025

Keefektifan Konseling Kelompok Realita Dimensi Bernalar Kritis untuk Mengurangi Burnout Belajar Siswa SMP Pasca Pandemic

Sholihah, Hana Wilda (Unknown)
Atmoko, Adi (Unknown)
Ramli, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2025

Abstract

Burnout belajar yang dialami siswa SMP pasca-pandemi menghambat motivasi dan prestasi akademik siswa. Motivasi yang rendah sangat berpengaruh dalam peningkatan prestasi dan kemauan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas konseling kelompok dengan pendekatan realita dimensi bernalar kritis dalam mengurangi burnout belajar siswa SMP. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas VIII D SMPN 1 Kalitidu, yang dibagi menjadi dua kelompok: eksperimen dan kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan skala burnout belajar dan dianalisis dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan penurunan signifikan pada tingkat burnout belajar siswa setelah intervensi, dengan nilai Z = -2.023 dan signifikansi 0,043 (p < 0,05). Konseling kelompok dengan pendekatan realita dimensi bernalar kritis efektif mengurangi burnout belajar siswa SMP pasca-pandemi. Penelitian ini membuka peluang pengembangan program konseling serupa di sekolah lain untuk mengatasi burnout belajar sehingga dapat memotivasi belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...