Praktik manajemen laba sering dibahas dalam studi akuntansi, yang umum dilakukan hingga mempengaruhi nilai perusahaan. Pendekatan berbasis studi kasus relevan dengan mahasiswa terkhusus pada topik manajemen laba. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran manajemen laba berbasis studi kasus, serta mengidentifikasi perubahan pemahaman mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran tersebut. Metode penelitian ini menggunakan survei kuantitatif dengan kuesioner, serta metode kualitatif melalui observasi, wawancara, dan tinjauan pustaka berbasis bibliometrik. Menggunakan analisis regresi, hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pembelajaran berbasis studi kasus berpengaruh terhadap pemahaman teori akuntansi, koefisien regresi sebesar 0,675 (P-Value < 0,05). Uji korelasi Pearson menunjukkan hubungan positif antara kedua variabel (P-Value 0,00 < 0,05), dengan rentang Confidence Interval antara 0,572-0,840. Hasilnya menunjukkan bahwa metode studi kasus meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap prinsip akrual, relevansi, dan keandalan informasi laporan keuangan. Pemahaman terhadap teknik dan dampak manajemen laba juga meningkat. Dengan demikian, pembelajaran berbasis studi kasus dinilai efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024