Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 1 (2025): Volume 8 No. 1 Tahun 2025

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD INPRES MADAWAT.

Wea, Yosefa Triani (Unknown)
Bunga, Maria Herliyani Dua (Unknown)
Helvina, Maria (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas V SD Inpres Madawat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V yang berjumlah 24 siswa. Instrument penelitian menggunakan berupa soal tes dan lembar observasi. Kemudian data dianalisis menggunakan uji Normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji T-test dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran role playing dapat berpengaruh positif terhadap hasil berlajar siswa, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji t, aktivitas siswa dan aktifitas guru. Aktivitas siswa dan guru dikatakan mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran role playing pada mata pelajaran IPAS, hal ini dilihat dari hasil observasi terhadap guru model dan penilaian psikomotorik siswa. Pada uji hipotesis ( uji-t) diperoleh hasil yaitu nilai signifikan sebesar =0.009 < 0.05, dapat disimpulkan bahwa Ho tolak dan Ha diterima. Maka dapat ditarik kesimpulan , terdapat pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dikelas V SD Inpres Madawat . Hal ini di lihat juga dari hasil pretest dan posttes.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...