Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 1 (2025): Volume 8 No. 1 Tahun 2025

IMPLEMENTASI MEDIA EDPUZZLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK TINGKAT A1

Lifyandara Lifyandara (Universitas Pendidikan Indonesia)
Farida Amalia (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ariessa Racmadhany (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media Edpuzzle dalam pembelajaran keterampilan menyimak tingkat A1 CECRL Bahasa Prancis. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif desain one-shot case study, penelitian ini melibatkan 28 mahasiswa semester satu program studi Pendidikan Bahasa Perancis UPI. Pembelajaran dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu persiapan media, pemutaran video, diskusi, dan evaluasi soal tes menggunakan Edpuzzle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dapat memahami materi pembelajaran dengan baik melalui media Epuzzle, hal tersebut ditunjukkan dengan rata-rata skor tes sebesar 92,85 yang termasuk kategori sangat baik. Hasil dari observasi menunjukkan 90% mahasiswa memperhatikan pembelajaran dengan baik dan mampu dengan mudah mengoperasikan media. Hasil angket mengungkapkan bahwa mayoritas 57,1% mahasiswa menyatakan bahwa Edpuzzle merupakan media yang interaktif dan membantu mahasiswa fokus dalam pembelajaran. Berdasarkan alasan-alasan di atas maka media Edpuzzle disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menyimak khususnya tingkat A1.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...