Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 1 (2025): Volume 8 No. 1 Tahun 2025

EFEKTIVITAS PEMASARAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MEREK: STUDI KASUS PADA STARTUP DI INDONESIA

Oldisan, Dian (Unknown)
Priadi, Muhammad Dadi (Unknown)
Hartono, Yull (Unknown)
Jufri, Yenni (Unknown)
Putra, Seven (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pemasaran media sosial dalam meningkatkan kesadaran merek pada startup di Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan melalui survei kepada 150 responden yang terdiri dari konsumen startup aktif di berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan TikTok. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi pemasaran media sosial memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan kesadaran merek, terutama melalui konten yang interaktif, konsistensi dalam branding, dan penggunaan influencer. Faktor-faktor seperti frekuensi posting, relevansi konten, dan interaksi langsung dengan audiens juga memainkan peran penting dalam menciptakan keterlibatan dan loyalitas konsumen. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media sosial adalah alat yang efektif bagi startup untuk membangun dan memperluas kesadaran merek mereka, dengan implikasi penting untuk pengembangan strategi pemasaran digital di masa depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...