Penggunaan media digital dalam pembelajaran semakin relevan, terutama dalam pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media digital terhadap minat belajar dan pemahaman karakter siswa kelas X MTs 1 Woja. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen kuasi, melibatkan 27 siswa sebagai sampel yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan media digital dan kelompok kontrol yang menggunakan metode ceramah. Data dikumpulkan melalui kuesioner minat belajar dan tes pemahaman karakter sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital dapat meningkatkan minat belajar siswa secara signifikan, dengan peningkatan sebesar 28,57% pada kelompok eksperimen, sedangkan kelompok kontrol hanya mengalami peningkatan 9,68%. Selain itu, pemahaman karakter siswa terhadap nilai-nilai akidah dan akhlak juga meningkat, dengan kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan sebesar 16%, sementara kelompok kontrol hanya mengalami peningkatan 5,41%. Uji statistik paired sample t-test menunjukkan bahwa perubahan yang terjadi pada kelompok eksperimen sangat signifikan (p-value < 0.05). Penelitian ini mengindikasikan bahwa media digital berpengaruh positif dalam meningkatkan minat belajar dan pemahaman karakter siswa MTs 1 Woja
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024