Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (Jinteks)
Vol 7 No 1 (2025): EDISI 23

IMPLEMENTASI KURIKULUM DALAM GAME EDUKASI DENGAN MEKANIKA BERBASIS TUGAS

Sabillah, Muh. Agung (Unknown)
Yusuf, Mukarramah (Unknown)
Warni, Elly (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2025

Abstract

Mekanika adalah semua hal yang dapat dilakukan atau dikuasai oleh pemain dalam game, mengcakup tindakan, perilaku, dan mekanisme. Dalam mengembangkan sebuah game edukasi, desain mekanika game adalah tantangan yang harus dipecahkan. Game edukasi harus dapat menerjemahkan kurikulum menjadi mekanika game. Penelitian ini mengembangkan game edukasi dengan mekanika berbasis tugas untuk mencapai tujuan kurikulum. Studi kasus pada penelitian ini adalah mata pelajaran Sejarah. Pembelajaran sejarah memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan identitas bangsa. Namun metode pengajaran konvensional sering kali dianggap monoton dan kurang menarik, sehingga menurunkan minat siswa terhadap pelajaran Sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan game berbasis mekanika tugas mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sejarah. Dengan kondisi awal hanya 35% soal evaluasi materi Sejarah dapat dijawab dengan benar oleh mayoritas siswa, setelah memainkan game, sebanyak 80% soal dapat dijawab dengan benar oleh mayoritas siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JINTEKS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering

Description

Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (JINTEKS) merupakan media publikasi yang dikelola oleh Program Studi Informatika, Fakultas Teknik dengan ruang lingkup publikasi terkait dengan tema tema riset sesuai dengan bidang keilmuan Informatika yang meliputi Algoritm, Software Enginering, Network & ...