Peningkatan kesehatan anak sangat penting karena mereka merupakan generasi penerus bangsa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah perbaikan asupan gizi melalui kebiasaan sarapan pagi. Sarapan pagi berperan dalam meningkatkan konsentrasi belajar dan mendukung prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan sarapan pagi dan status gizi terhadap prestasi belajar pada remaja di SMP Negeri Kota Mataram.Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan desain cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII dengan sampel sebanyak 84 responden berusia 13-15 tahun yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan pengukuran antropometri, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik chi-square. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara kebiasaan sarapan pagi dengan status gizi (p=0,01; ?=0,05), hubungan antara sarapan pagi dengan prestasi belajar (p=0,04), serta hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar (p=0,00; ?=0,05).Kesimpulan dari penelitian ini adalah kebiasaan sarapan pagi dan status gizi memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan kesadaran siswa, orang tua, dan pihak sekolah mengenai pentingnya sarapan pagi guna mendukung kesehatan dan prestasi akademik remaja.
Copyrights © 2025