Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kemampuan dan fasilitas kerja terhadap efektivitas pelayanan pembelajaran di SD Gugus I Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian menggunakan desain survei dengan metode hubungan kausal (explanatory survey). Populasi penelitian berjumlah 48 orang, dengan pengambilan sampel secara sensus. Data dianalisis melalui pengujian asumsi klasik, regresi, dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan faktor kemampuan dan fasilitas kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pelayanan pembelajaran, baik secara parsial maupun simultan. Faktor kemampuan memiliki nilai parsial 0,344, fasilitas kerja 0,310, dan pengaruh simultan sebesar 0,577 (57%), dengan 42,3% dipengaruhi variabel lain. Efektivitas pelayanan pembelajaran berada dalam kategori sangat baik dengan capaian persentase 81–100%, Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan faktor kemampuan dan fasilitas kerja dalam mendukung efektivitas pelayanan pembelajaran di SD Gugus I Kecamatan Kairatu. Implikasinya adalah perlunya optimalisasi operasionalisasi lanjutan yang mempertimbangkan kedua faktor tersebut untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan.
Copyrights © 2025