Penelitian yang dilakukan tujuannya untuk mendapatkan pemahaman dan mengevaluasi kualitas layanan administrasi kependudukan dalam program prima antri di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor. Selain itu, artikel ini juga tujuannya dapat menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas layanan administrasi kependudukan melalui situs web prima antri. Sampel penelitian terdiri dari 20 responden yang merupakan warga Kota Bogor, yang dilihat menggunakan dimensi pada kualitas pelayanan bersarkan teori dari Parasuraman, Zeithaml, dan Berry. Data dikumpulkan melalui wawancara, formulir daftar pertanyaan, pengamatan langsung dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi bukti fisik mendapatkan skor 4,52 dengan kategori sangat baik, dimensi keandalan memperoleh skor 3,9 dengan kategori baik, dimensi daya tanggap mendapatkan skor 4,82 dengan kategori sangat baik, dimensi jaminan juga memperoleh skor 4,82 dengan kategori sangat baik, dan dimensi empati mendapatkan skor 4,37 dengan kategori sangat baik. Secara keseluruhan, kualitas pelayanan administrasi kependudukan melalui website prima antri di Disdukcapil Kota Bogor memiliki nilai rata-rata 4,48 dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat merasa terbantu dan lebih mudah dalam mengurus administrasi kependudukan, serta dapat mengatur jadwal pengurusan dokumen pelayanan tanpa memerlukan banyak waktu.
Copyrights © 2025