Karimah Tauhid
Vol. 4 No. 2 (2025): Karimah Tauhid

Kualitas Pelayanan Masyarakat dalam Program Prima Antri di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor

Halimah, Raden Siti (Unknown)
Ramdani, Faisal Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2025

Abstract

Penelitian yang dilakukan tujuannya untuk mendapatkan pemahaman dan mengevaluasi kualitas layanan administrasi kependudukan dalam program prima antri di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor. Selain itu, artikel ini juga tujuannya dapat menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas layanan administrasi kependudukan melalui situs web prima antri. Sampel penelitian terdiri dari 20 responden yang merupakan warga Kota Bogor, yang dilihat menggunakan dimensi pada kualitas pelayanan bersarkan teori dari Parasuraman, Zeithaml, dan Berry. Data dikumpulkan melalui wawancara, formulir daftar pertanyaan, pengamatan langsung dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi bukti fisik mendapatkan skor 4,52 dengan kategori sangat baik, dimensi keandalan memperoleh skor 3,9 dengan kategori baik, dimensi daya tanggap mendapatkan skor 4,82 dengan kategori sangat baik, dimensi jaminan juga memperoleh skor 4,82 dengan kategori sangat baik, dan dimensi empati mendapatkan skor 4,37 dengan kategori sangat baik. Secara keseluruhan, kualitas pelayanan administrasi kependudukan melalui website prima antri di Disdukcapil Kota Bogor memiliki nilai rata-rata 4,48 dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat merasa terbantu dan lebih mudah dalam mengurus administrasi kependudukan, serta dapat mengatur jadwal pengurusan dokumen pelayanan tanpa memerlukan banyak waktu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...