Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui implementasi model Project Based Learning dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPS di SMPN Negeri 13 Bontoa Kabupaten. (2)Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi model Project Based Learning dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPS di SMPN Negeri 13 Bontoa Kabupaten Maros. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi model project based learning dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMPN 13 Bontoa Kabupaten Maros dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah ditentukan. 2) Faktor pendukung dari implementasi model project based learning ini diantaranya factor sarana dan prasarana yang tersedia cukup lengkap, faktor guru yang begitu antusias serta kedekatan guru pada peserta didik, dan faktor biaya yang telah disediakan di dalam RKAAS.
Copyrights © 2025