Aurelia: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia
Vol 4, No 1 (2025): January 2025

Implementation of the Independent Curriculum in Social Studies Learning Based on Project Base Learning (PJBL) at UPTD SMPN 13 Bontoa Maros Regency

Rosma, Rosma (Unknown)
Hartini, Hartini (Unknown)
Elpisah, Elpisah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui implementasi model Project Based Learning dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPS di SMPN Negeri 13 Bontoa Kabupaten. (2)Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi model Project Based Learning dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPS di SMPN Negeri 13 Bontoa Kabupaten Maros. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi model project based learning dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMPN 13 Bontoa Kabupaten Maros dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah ditentukan. 2) Faktor pendukung dari implementasi model project based learning ini diantaranya factor sarana dan prasarana yang tersedia cukup lengkap, faktor guru yang begitu antusias serta kedekatan guru pada peserta didik, dan faktor biaya yang telah disediakan di dalam RKAAS.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

aurelia

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

AURELIA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia is published twice a year: January and July. E-ISSN: 2964-2493 (Elektronik) P-ISSN: 2962-0430 (Cetak) Editor In Chief: T. Heru Nurgiansah, S.Pd., M.Pd DOI: 10.57235 Publisher: CV. Rayyan Dwi Bharata Receive articles from research and ...