AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol. 11 No. 3 (2024)

PENGEMBANGAN DAN EVALUASI GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID DENGAN UNITY 3D UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

Bill Chairy Rizki Bustaren (Universitas Pendidikan Indonesia)
Wahyudin Wahyudin (Universitas Pendidikan Indonesia)
Aan Hasanah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Nurmala Setianing Putri Putri (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2025

Abstract

Kebanyakan siswa yang didukung dengan teknologi seperti handphone, biasanya cenderung memanfaatkan teknologi tersebut untuk aspek hiburan. Hal ini cukup memalukan, karena kemudahan dalam menggunakan teknologi tersebut seharusnya bisa dimanfaatkan untuk mendukung proses pembelajaran. Terlebih lagi, ternyata banyak pula siswa di tingkat SMA yang mengalami hambatan dalam memahami konsep matematika. Melalui ketersediaan teknologi, seperti handphone dan Unity 3D, diharapkan dapat tercipta sebuah game edukasi yang menyenangkan bagi siswa dan juga efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep matematika yang dianggap memiliki kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis game Android menggunakan Unity 3D pada materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV). Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan media pembelajaran pada penelitian ini diadaptasi dari model desain instruksional ADDIE. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran berbasis mobile game android pada materi PLSV dinilai baik dan efektif untuk meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran matematika, sehingga berimplikasi pada peningkatan hasil belajar siswa khususnya dalam materi PLSV.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

AdMathEdust

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The aim of the Ahmad Dahlan Mathematics Education Students (AdmathEduSt), p-ISSN 2355-8199, e-ISSN 2775-5746, is to provide an academics forum for the sharing, dissemination, and discussion of result research, experience, and perspectives across a wide range of mathematics education, applied ...