Jurnal Economic Edu
Vol. 5 No. 02 (2025): Januari

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 21 KOTA BENGKULU

suharmi (Unknown)
Hilyati Milla (Unknown)
SELTIKA (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah ( PBL ) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 21 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui metode deskriftif dengan membandingkan motivasi belajar siswa sebelum tindakan siklus 1 tindakan motivasi belajar siswa siklus 2 dan subjek penelitian siswa kelas 7 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian observasi pra siklus dengan motivasi belajar siswa yang cukup meningkat menjadi baik di siklus I, dan sangat baik di siklus II. Hal ini dapat dilihat dari bahwa tidak ada siswa yang memiliki motivasi sangat kurang dan cukup, 8 (26%) siswa yang motivasi belajarnya baik, dan 23 (74%) siswa yang memiliki motivasi belajar sangat baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ecoedu

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences Other

Description

Focus and Scope The Edu Economic Education Journal offers original articles on economic education. This journal aims to publish and disseminate the results of economic education research and studies conducted by researchers, teachers and practitioners of economic education. Edu Economics Journal ...