AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
Vol. 1 No. 3 (2023): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora

PEMAKNAAN POSTER “LET’S RIDE THE BIKE: FOR AN IDEAL ENVIRONMENT” DALAM MEMPENGARUHI LINGKUNGAN

Rahma, Yasinta (Unknown)
Febriani Sya, Mega (Unknown)
Assa Nurani Hakiki, Mustika (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2023

Abstract

Pemanasan global adalah meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi, hal ini terjadi akibat efek rumah kaca. Efek rumah kaca diartikan sebagai proses naiknya suhu bumi yang disebabkan oleh gas-gas rumah kaca yang terperangkap di atmosfer. Gas-gas rumah kaca tersebut dihasilkan dari berbagai aktivitas manusia, salah satunya adalah proses pembakaran bahan bakar minyak untuk transportasi. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk mengurangi kadar emisi gas rumah kaca di atmosfer. Salah satu upayanya adalah berjalan kaki, menggunakan transportasi umum dan juga bersepeda. Tujuan dari penelitian ini adalah memaknai tulisan dalam media poster yang bersifat persuasif untuk dapat mengajak dan menimbulkan kesadaran yang lebih di masyarakat untuk melakukan perubahan dalam mengatasi permasalahan lingkungan khususnya pada pembahasan ini yaitu masalah pemanasan global yang sedang terjadi. Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatis dengan metode analisis isi dan kajian literatur. Hasil dari penelitian ini adalah pemaknaan terhadap tulisan poster yang pada dasarnya bertujuan untuk melakukan perubahan dalam menciptakan lingkungan yang sehat, aman dan nyaman juga dapat dimulai dari melakukan hal-hal kecil, Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan sepeda memiliki dampak baik yang signifikan dalam mengurangi pemanasan global. Dengan mengurangi ketergantungan pada kendaraan bermotor, masyarakat dapat mengurangi emisis gas rumah kaca yang menyumbang pada perubahan iklim.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-kaff

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted ...