POACE: Jurnal Program Studi Administrasi Pendidikan
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari 2025

IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PERUBAHAN FUNGSI PUSAT SUMBER BELAJAR (STUDI KASUS PADA LOCAL EDUCATION CENTRE METRO)

Ali Rosad (Unknown)
Andayani, Sutrisni (Unknown)
Noor, Marzuki (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2025

Abstract

Direktorat SLTP melalui Proyek Peningkatan Sekolah Swasta memberikan bantuan berupa fasilitas pendidikan antara lain dibangunnya Pusat Sumber Belajar (PSB) atau Local Education Center (LEC) yang dilengkapi dengan fasilitas serta sarana dan prasarana yang memadai guna membantu SLTP / Sekolah swasta pada umumnya yang memiliki fasilitas kurang layak. Manajemen sumber daya manusia di Pusat Sumber Belajar Metro belum berjalan dengan efektif. Hal tersebut ditandai belum dilaksanakan fungsi-fungsi Pusat Sumber Belajar sesuai dengan Panduan Penyelenggaraan LEC Kota Metro. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh sumber penyebabnya dan datanya, sehingga perubahan fungsi Pusat Sumber Belajar dapat dijelaskan secara valid dan sesuai fakta. Peneliti menggali informasi secara utuh dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya melakukan pemeriksaan keabsahan data lalu data tersebut dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis, Manajemen dan staf LEC Metro sudah menerapkan proses perencanaan mulai dari Dewan Manajemen sampai dengan Staf Tata Usaha. LEC Metro sudah menerapkan proses manajemen pengorganisasian. Selanjutnya pegawai LEC sudah bekerja sesuai dengan bidangnya masing-masing. Kemudian adanya motivasi bekerja dengan mengunjungi LEC yang lebih maju untuk meningkatkan kinerja pegawai. Semua dikerjakan berdasarkan laporan setiap kegiatan, laporan bulanan dan tahunan. LEC Metro sudah melakukan pengawasan yang sistematik. Faktor utama yang jadi penghambat tidak berfungsinya LEC Metro melaksanakan fungsinya adalah masalah pendanaan dari pemerintah pusat yang terhenti semenjak tahun 2004. Peneliti mensintesiskan bahwa terdapat upaya untuk mengatasi faktor yang menghambat yatu dengan penerapan manajemen terbuka, mempromosikan fasilitas Pusat Sumber Belajar, dan bekerjasama dengan pemerintah daaerah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

poace

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

FOCUS AND SCOPE Poace is a journal that focuses on publishing qualitative and quantitative research artikel in the scop of educational administration Leadership, Planning, Human Resources, Finance, Curriculum, Public Relations, Student Affairs, Learning and Management Education, and ...