Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 7, No 2 (2024): September 2024

EFEKTIVITAS GERAKAN LITERASI SEKOLAH MELALUI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS III UPTD SD NEGERI 122379 PEMATANGSIANTAR

Sidabutar, Melisa Nur Asima (Unknown)
Ningrum, Aprilia Cahya (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2024

Abstract

Penelitiaan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat baca siswa kelas III UPTD SD Negeri 12239 Pematangsiantar. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa kelas III. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif metode pre-eksperimental one group pretest-posttest design. hasil analisis uji hipotesis pada siswa menunjukkan bahwa dari hasil normalitas Shapiro-Wilk dilihat dari nilai sig.>0,05. Hasil uji homogenitas diperoleh data bahwa nilai signifikasi sebesar 13,059 > 0,05 dan 19,903 > 0,05 dapat disimpulkan bahwa sampel pada post-test dan pre-test adalah varians yang sama atau homogen. berdasarkan tabel deskriptif output nilai mean. hasil minat baca diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 54,11% dan post-test sebesar 80,71%.hasil nilai N-gain minat baca sebesar 91,75% yang menyatakan tingkat ke efektifan sangat efektif hal ini karena kan nilai tafsiran presentase berada pada > 76% . maka dapat diartikan bahwa terdapat ke efektifan yang signifikan dari Gerakan literasi sekolah melalui pemanfaatan media social youtube terhadap minat baca siswa kelas III UPTD SD Negeri 122379 Pematangsiantar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...