Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat
Vol. 3 No. 2 (2025): Maret

IMPLEMENTASI KERJA MAHASISWA DALAM PELAYANAN MASYARAKAT DI KELURAHAN LAPADDE PAREPARE

Muhammad Hatta (Unknown)
Nurnadilah Nurnadilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2025

Abstract

Administrasi kependudukan yang efisien dan akurat memiliki peran krusial dalam memastikan Lurah Lapadde sebagai unit pelayanan masyarakat perlu melakukan peningkatan administrasi kependudukan untuk memastikan data penduduk terkini dan memenuhi kebutuhan pelayanan masyarakat secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran mahasiswa dalam menganalisis dan menjelaskan secara rinci tentang pelayanan masyrakat dalam peningkatan administrasi kependudukan di Kantor Lurah Lapadde, Kecamatan Ujung, Kota Parepare. Fokus utama adalah meningkatkan efisiensi, akurasi, dan kecepatan dalam pengelolaan data kependudukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dengan petugas administrasi, dan analisis dokumen terkait. Selain itu, survei kepuasan masyarakat juga dilakukan untuk mengevaluasi pelayanan yang diberikan oleh Kantor Lurah. Penelitian ini menghasilkan pemahaman mendalam tentang tantangan dan peluang yang dihadapi oleh Kantor Lurah Lapadde dalam meningkatkan administrasi kependudukan. Implementasi strategi baru, termasuk penggunaan teknologi informasi, pelatihan staf, dan optimalisasi prosedur pelayanan, membawa dampak positif dalam peningkatan efisiensi dan akurasi administrasi kependudukan. Survei kepuasan masyarakat juga menunjukkan peningkatan signifikan dalam persepsi masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.Administrasi kependudukan yang efisien dan akurat memiliki peran krusial dalam memastikan Lurah Lapadde sebagai unit pelayanan masyarakat perlu melakukan peningkatan administrasi kependudukan untuk memastikan data penduduk terkini dan memenuhi kebutuhan pelayanan masyarakat secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran mahasiswa dalam menganalisis dan menjelaskan secara rinci tentang pelayanan masyrakat dalam peningkatan administrasi kependudukan di Kantor Lurah Lapadde, Kecamatan Ujung, Kota Parepare. Fokus utama adalah meningkatkan efisiensi, akurasi, dan kecepatan dalam pengelolaan data kependudukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dengan petugas administrasi, dan analisis dokumen terkait. Selain itu, survei kepuasan masyarakat juga dilakukan untuk mengevaluasi pelayanan yang diberikan oleh Kantor Lurah. Penelitian ini menghasilkan pemahaman mendalam tentang tantangan dan peluang yang dihadapi oleh Kantor Lurah Lapadde dalam meningkatkan administrasi kependudukan. Implementasi strategi baru, termasuk penggunaan teknologi informasi, pelatihan staf, dan optimalisasi prosedur pelayanan, membawa dampak positif dalam peningkatan efisiensi dan akurasi administrasi kependudukan. Survei kepuasan masyarakat juga menunjukkan peningkatan signifikan dalam persepsi masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Manajemen, Ekonomi, Ekonomi Syariah, Akuntansi, Kewirausahaan, Bisnis, Ilmu Sosial Humaniora, Sastra, Bahasa, Pertanian, Kesehatan, Peternakan, perikanan, Politik, Pendidikan, Ilmu Teknik, Sistem Informasi, Teknik Elektro dan Informatika, Desain Komunikasi Visual, Ilmu Komunikasi, Hukum, ...